Search This Blog

Thursday 16 July 2015

Bahasa Indonesia | SMA/MA KLS10 | Bahasa dan Sastra Indonesia


Buku-Sekolah-Elektronik-BSE-Bahasa-Indonesia-Kelas10-Bahasa-dan-Sastra-Indonesia
JudulBahasa dan Sastra Indonesia
Tinkat/Kelas    SMA Kelas10
MaPelBahasa Indonesia
KurikulumKTSP 2006
No.ISBN979-7462-8743
PengarangSri Utami, Sugiarti, Suroto, Alexander Sosa
PenerbitPusat Pembukuan Departemen Pendidikan Indonesia
Tahun2008

Lihat Ebook       Download E-Book



“Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.

Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk Kelas X SMA/MA ini dibuat berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Buku ini diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Seluruh standar kompetensi tersebut akan menjadi kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

Pembelajaran Bahasa Indonesia ini bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan sebagai berikut.

  1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara lisan maupun tulis.
  2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
  3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk berbagai tujuan.
  4. Menggunakan bahsa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
  5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
  6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia Indonesia.
Buku Bahasa dan Sastra Indonesia untuk kelas X SMA/MA dapat menjadi sarana untuk mememenuhi tujuan-tujuan tersebut.

Materi-materi dalam buku ini terbagi dalam 12 tema. Kedua belas tema tersebut dibagi ke dalam dua semester. Pembagian 12 bab ke dalam dua semester ini dimaksudkan sebagai acuan bagi peserta didik. Lebih dari itu, kreativitas guru maupun peserta didik justru lebih menentukan isi dan jalannya proses belajar. Materi yang tersaji lebih bersifat sebagai pemandu, dan maka tetap diperlukan seorang fasilitator maupun motifator. Oleh karena itu, sangatlah diharapkan guru berperan sebagai fasiliror dan motivator. Proses pembelajaran tetap berada pada aktivitas perserta didik sebagai subjek.

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu penyususunan buku ini dari awal hingga akhir. Khususnya terima kasih kepada PT Galaxy Puspa Mega yang telah berkenan menerbitkan buku ini. Terima kasih!


Jakarta, Mei 2008

No comments:

Post a Comment

Terima kasih Anda telah mendownload atau melihat E-Booknya. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Amin.