Search This Blog

Wednesday 22 July 2015

Sosiologi | SMA/MA KLS10 | Sosiologi

buku-sekolah-elektronik-bse-sosiologi-kelas10-sosiologi
Judul Sosiologi
Tinkat/Kelas       SMA/MA KLS10
MaPel Sosiologi
Kurikulum KTSP 2006
No.ISBN 978-979-068-742-4 (no. jilid lengkap)
978-979-068-747-9
Pengarang Joko Sri Sukardi, Arif Rohman
Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Tahun 2009

Lihat E-Book      Download E-Book




Buku sosiologi untuk SMA/MA ini disusun dengan mengacu pada Peraturan Mentri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Materinya dikembangkan dari Standar Kopentensi dan Kopentensi Dasar Mata Pelajaran Sosiologi untuk SMA/MA.

Penyusunan buku ini bertujuan untuk membekali kalian agar memahami konsep-konsep sosiologi, sehingga mampu memberikan pemikiran kritis dan alternatif dalam menjawab tantangan yang ada serta berbagai fenomena yang dditemui dalam kehidupan nyata di masyarakat.

Sistematika penyajian dalam buku ini diorganisasikan dalam beberapa bab. Tiap-tiap bab terdiri atas beberapa subbab. Setiap bab dalam buku ini diawali dengan materi pengantar yang berfungsi sebagai motifasi. Kemudian, disajikan pula tujuan pembelajaran bab, peta konsep, dan kata kunci (key word).

Pada setiap bab, materi disajikan dengan bahasa yang mudah kalian pahami disertai dengan contoh-contoh yang relevan dan menarik serta up to date. Selain itu, untuk mencapai kopentensiyang diharapkan, sajian materi diperkaya dengan berbagai kegiatan pembelajaran, baik kegiatan yang bersifat induvidu maupun kelompok. Seperti, telaah pustaka, diskusi dan presentasi, menggali informasi dari media cetak maupun elektronik termasuk internet, melakukan observasi, wawancara, serta penelitian sederhana. Upaya tersebut dilakukan untuk menumbuhkan semangat inovatif dan kreativitas, merangsang rasa ingin tahu kalian, serta mengembangkan kecakapan hidup (life skill). Untuk menambah pengetahuan dan wawasan kalian, disajikan informasi yang dikemas dalam boks Info. Pada bagian akhir setiap bab disajikan Glosarium, Rangkuman, dan Uji Kopentensi.

Buku ini juga dilengkapi dengan penyajian Latihan Ulangan Semester dan Latihan Ulangan Kenaikan Kelas yang menyajikan soal-soal esensai dari materi yang telah dipelajari. Pada akhir buku disajikan Indeks, yang berisi daftar kata-kata penting dan daftar pengarang yang karyanya digunakan dalam materi.

Penyajian materi dalam buku ini dikemas sedemikian rupa sehingga mampu mewujudkan pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Kalian akan menemukan dan merumuskan sendiri hasil pengalaman belajar yang kalian lakukan. Kalian akan banyak belajar dari pengalaman sendiri, interaksi dengan teman sebaya, dengan keluarga, dan juga dengan masyarakat saat berada di luar kelas.

Semoga kalian dapat menerapkan dan mengamalkan Sosiologi dalam pikiran dan perilaku di tengah-tengah masyarakat.


Klaten, Mei 2007
Penyusunan

1 comment:

  1. Terimakasih kembali, ini sangat membantu sekali.

    ReplyDelete

Terima kasih Anda telah mendownload atau melihat E-Booknya. Semoga bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Amin.